Google Down, Terulang Kembali Sejak Desember 2021

GiateknoGoogle down ramai jadi pembicaraan netizen di media sosial pada Selasa, 9 Agustus lalu. Mereka mengeluhkan tidak bisa melakukan pencarian di Google Search dan menemukan peringatan ‘Error 500’.

Tumbangnya Google pagi ini tidak hanya terjadi di Indonesia. Menurut data DownDetector, pengguna di Inggris, Australia, Singapura, dan Amerika Serikat juga melaporkan kesulitan mengakses Google.

Ini pertama kalinya Google tumbang pada tahun 2022. Menurut pantauan Giatekno, terakhir kali layanan Google mengalami gangguan di Indonesia dan sejumlah negara adalah pada 1 Desember 2021.

Sepanjang tahun 2021, Google sempat down hingga empat kali. Dari rangkaian kejadian tersebut, banyak layanan Google yang terdampak seperti Google Meet, Drive, Gmail, dan masih banyak lagi.

Peristiwan ini tentu selalu disambut keluhan netizen yang sudah sangat bergantung dengan layanan Google untuk kegiatan belajar dan bekerja. Berikut rangkuman Giatekno terkait Google down sepanjang tahun 2021.

google-tumbang

Januari 2021

Pada 6 Januari 2021 beberapa layanan Google sempat tumbang. Saat itu pengguna tidak bisa mengakses Google Meet, Drive, dan beberapa layanan Google lainnya.

Februari 2021

Sebulan kemudian, pada 4 Februari 2021 layanan Google kembali tumbang. Dampaknya paling terasa di Jakarta, Surabaya, Bali, Yogyakarta, Malang hingga Singapura. Pengguna mengeluhkan tidak bisa menggunakan Gmail, YouTube, Google Search, dan layanan Google lainnya.

April 2021

Pada 8 April 2021, Google kembali down di beberapa negara. Pengguna di Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam banyak melaporkan kejadian ini lewat situs DownDetector.

Di Indonesia, wilayah yang paling banyak melaporkan gangguan layanan Google adalah Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya. Netizen di Twitter mengeluh tidak bisa mengakses YouTube, Google Translate, Gmail, dan aneka produk Google lainnya.

Tapi tidak lama setelah laporan layanannya tumbang, Google membantah sistemnya lumpuh hingga tidak bisa diakses. Mereka mengacu pada dasbor resmi status layanan Google di Dashboard Google.

Desember 2021

Netizen kembali melaporkan layanan Google down pada 1 Desember 2021. Sebagian besar pengguna mengeluhkan kesulitan melakukan pencarian menggunakan Google Search.

Sama seperti kejadian Google down kali ini, pengguna yang melakukan pencarian di Google Search justru disambut pesan error. Kejadian ini tidak hanya dilaporkan di Indonesia, tapi juga di negara tetangga seperti Singapura.

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img