5 Kelebihan dan Kekurangan Pakai VPN Ketika Akses Internet

GiaTekno – Ada lima Kelebihan dan kekurangan pakai VPN ketika akses internet yang perlu diketahui warganet.Istilah VPN atau Vitual Private Network pastinya sudah tidak asing lagi di telinga Anda.

Apalagi jika Anda sering berselancar di berbagai situs internet, VPN mungkin kerap digunakan. VPN sendiri dianggap aman dari pencurian data pribadi di dunia digital. Meski demikian, VPN rupanya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Dirangkum dari berbagai sumberm berikut penjelasan mengenai VPN dan lima Kelebihan dan Kekurangan VPN saat Akses Internet.

Apa itu VPN?

VPN (Virtual Private Netword) merupakan sebuah koneksi yang terjadi secara private dari jaringan yang satu ke jaringan yang lain. Meski bersifat privat atau pribadi, jaringan internet tersebut melalui jaringan internet publik.

Disebut privat karena hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengaksesnya. Data yang terkirim melalui VPN akan terenkripsi, sehingga akan lebih aman dan rahasia.

Sebelumnya, VPN kerap digunakan oleh perusahaan atau badan organisasi untuk melindungi data. Namun kini VPN dapat digunakan siapa saja untuk mengakses sesuatu yang tidak bisa diakses melalui negara Anda.

Cara menggunakan VPN

VPN dapat digunakan baik di ponsel maupun di laptop atau PC. Jika Anda ingin menggunakan VPN pada ponsel, Anda bisa mengunduh aplikasi VPN melalui playstore atau appstore. Setelah terunduh, layanan VPN bisa langsung Anda gunakan.

Sedangkan jika Anda ingin mencoba VPN melalui laptop atau PC, Anda bisa melakukan beberapa pengaturan. Buka network – network settings – pilih VPN – klik Add VPN Connection. Jika sudah, Anda bisa mengakses internet seperti biasa.

Kelebihan

  • Data yang digunakan akan lebih aman dan bersifat rahasia.
  • Identitas IP asli tidak mudah diketahui oleh orang lain, sehingga aman dari ancaman hacker.
  • Bisa diakses dari lokasi negara yang berbeda sesuai dengan layanan VPN yang dipilih.
  • Bisa mengakses internet yang diblokir.

Kekurangan

  • Kecepatan koneksi internet menjadi lebih lambat.
  • Konfigurasi manual menjadi lebih rumit.
  • Ada batasan pengguna.
  • Koneksi tidak stabil.

Demikian informasi mengenai lima kelebihan dan kekurangan pakai VPN ketika akses internet, semoga bermanfaat.

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img